Sarana dan Prasarana Damkar Perlu Ditingkatkan

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Natuna Syawal Saleh mengatakan, pihaknya terus berusaha mengusulkan sarana dan prasarana yang menunjang kinerja para personel Damkar Natuna. Sebagai penunjang kinerja dalam memadamkan api, sudah seharusnya keselamatan personel paling utama.

Makanya, perlu sekali peningkatan sarana dan prasarana sangat penting. ”Kita telah usulkan, peralatan dalam bertugas seperti baju anti api, helm keselamatan, tabung oksigen, dan lain sebagainya. Kita berharap tahun 2019 sudah bisa tersedia,” Kata Kadis Damkar Natuna Syawal, Rabu (11/4).

Ia mengaku, belum bisa menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemadaman kebakaran sepenuhnya, lantaran kemampuannya masih terbatas. Keterbatasan itu, terdapat pada sisi sarana dan prasarana serta jumlah personel yang dimiliki Damkar.

Ia menjelaskan, saat ini Damkar Natuna hanya terdapat di satu titik saja yakni di Ranai, Kecamatan Bunguran Timur dengan memiliki tiga unit kendaraan Damkar dan 36 orang personel. ”Dengan kondisi seperti sekarang ini, kita jujur mengakui bahwa kita belum mampu melakukan SOP pemadaman kebakaran sepenuhnya. Untuk bisa menjalankannya Damkar mesti diperkuat pada semua sisi,” terangnya.

Ia menuturkan, SOP pemadaman kebakaran yang berlaku secara nasional mengharuskan pasukan Damkar cepat menangani kebakaran. ”Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas sesuai dengan SOP pemadaman kebakaran. Dan dalam menjalankan tugas yang paling utama adalah pantang pulang sebelum padam. Itulah moto kami setiap menjalani tugas sebagai pemadam,” tutupnya. (hrd)

Sumber: http://tanjungpinangpos.id/sarana-dan-prasarana-damkar-perlu-ditingkatkan/