GALERI DISDAMKAR

Kegiantan Pendataan,Penyusunan Daerah Rawan Bencana di Kabupaten Natuna
Hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 pukul 08.00 sampai 10.00 dilaksanakan rapat persentasi kegiatan pendataan, penyusunan dan pemetaan daerah rawan bencana di kabupaten natuna yang disampaikan oleh Tenaga Ahli PT. Winaguna Sarana Teknik yang beralamat di Bandung, rapat dipimpin oleh kadis damkar, dihadiri oleh Instansi vertikal seperti Perwakilan DANDIM, DANLANAL, DANLANUD, BASARNAS, POLRES, BULOG, PLN, TELKOM, PERTAMINA, STAI NATUNA, PWI, AJOI, RAPI, KOMUNA, BELA NEGARA, PRAMUKA, BMKG, KEPALA BANDARA RANAI, dan beberapa opd. dalam persentasi disampaikan hasil pendataan/survei lapangan dan pemetaan daerah rawan bencana.

 

 

 

 

 

 

 

 

Bertepatan dengan hari yang sama rabu 12 desember 2018 pukul 10:00 sampai 12:00 dilaksanakan rapat inisiasi pembentukan forum pengurangan resiko bencana dikabupaten natuna,ruang rapat kantor bupati natuna,yang dipimpin oleh kadis damkar,peserta rapat sama seperti rapat sebelumnnya,hadil dari rapat tersebut disepakati untuk membentuk forum pengurangan resiko bencana di kabupaten natuna,dan terpilih sebagai ketua umum ibu Dra.Hj.Nurhayati Hamid Rizal, selanjutnya akan menyusun kepengurusan.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Pengendalian Bahaya Kebakaran di Kabupaten Natuna
Hari Kamis 13 desember 2018, pkl 09.30 ruang rapat banggar DPRD kab.natuna, kadis damkar didampingi oleh Kasi Kedaruratan, logistik, rehabilitasi dan rekonstruksi menghadiri undangan penyampaian usulan rancangan peraturan daerah tentang penanggulangan bencana dan tentang pengendalian bahaya kebakaran di kabupaten natuna, dalam rapat tersebut dibahas oleh anggota DPRD pada tahun 2019.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mesin PT.Bima Golden Powerindo,terbakar.

Pada Hari Rabu, 9 Januari 2019, sekira pukul 18.15 WIB, di areal PLN Ranai Jl. Datuk Kaya Moh.Benteng-Ranai mesin milik PT. Bima Golden Powerindo (BGP) berkapasitas 500 Kw yang disewakan oleh PLN Ranai mengalami kebakaran hebat. Seorang saksi mata menuturkan,bahwa kebakaran berawal dari suara ledakan keras di gudang mesin tersebut. Saksi langsung melakukan pengecekan,. melihat percikan api dan asap hitam pada mesin tersebut. Dalam waktu singkat api langsung membesar dan sulit dikendalikan. Selanjutnya petugas PLN Ranai menghubungi  Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Natuna .

 

 

 

 

 

 

Pada pukul 18.20 Damkar Kab Natuna menurunkan 2 unit armada yang dimiliki ke lokasi kejadian. Petugas Damkar sedikit mengalami kesulitan dalam menguasai sijago merah,karna objek yang terbakar adalah minyak. Melalui koordinasi ditingkat pimpinan,tidak berselang lama 2 unit mobil pemdam kebakaran TNI AL tiba dilokasi kejadian dan  disusul oleh 1 unit mobil pemadam kebakaran milik TNI AU,1 unit mobil tangki air milik Batalyon Komposit dan 1 unit mobil tangki milik PDAM Ranai. Setelah hampir 1 jam petugas bahu membahu berjibaku, api  masih belum berhasil dijinakan. Utk menjaga kemungkinan terburuk api menjalar ke mesin yg lain maka diperlukn  tambahan 1 unit mobil pemadam kebakaran milik Bandara Ranai yang  langsung bergabung melakukan penyemprotan cairan khusus (busa). Dalam waktu tidak terlalu lama, sekira pukul 20.45 api sudah dapat dikuasai, dan dilanjutkan dengan proses pendinginan sampai api betul-betul padam. Pada kesempatan ini,Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna Syawal, SE mengucapkn terima kasih pada pihak-pihak yang sudah membantu. Syawal, SE juga menyebutkan dengan kehadiran Bapak Bupati, Bu Wakil Bupati,dan Bpk Sekda serta pejabat-pejabat lain dilokasi kejadian dapat menambah motivasi dan semangat anggota yang bertugas. Syawal SE juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada pihak Polres Natuna dan Satpol PP Kab Natuna yang sudah bersusah payah mengamankan lokasi kejadian, sehingga memudahkan petugas yang sedang bekerja…..demikian.