GALERI DISDAMKAR

Kegiantan Pendataan,Penyusunan Daerah Rawan Bencana di Kabupaten Natuna
Hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 pukul 08.00 sampai 10.00 dilaksanakan rapat persentasi kegiatan pendataan, penyusunan dan pemetaan daerah rawan bencana di kabupaten natuna yang disampaikan oleh Tenaga Ahli PT. Winaguna Sarana Teknik yang beralamat di Bandung, rapat dipimpin oleh kadis damkar, dihadiri oleh Instansi vertikal seperti Perwakilan DANDIM, DANLANAL, DANLANUD, BASARNAS, POLRES, BULOG, PLN, TELKOM, PERTAMINA, STAI NATUNA, PWI, AJOI, RAPI, KOMUNA, BELA NEGARA, PRAMUKA, BMKG, KEPALA BANDARA RANAI, dan beberapa opd. dalam persentasi disampaikan hasil pendataan/survei lapangan dan pemetaan daerah rawan bencana.

 

 

 

 

 

 

 

 

Bertepatan dengan hari yang sama rabu 12 desember 2018 pukul 10:00 sampai 12:00 dilaksanakan rapat inisiasi pembentukan forum pengurangan resiko bencana dikabupaten natuna,ruang rapat kantor bupati natuna,yang dipimpin oleh kadis damkar,peserta rapat sama seperti rapat sebelumnnya,hadil dari rapat tersebut disepakati untuk membentuk forum pengurangan resiko bencana di kabupaten natuna,dan terpilih sebagai ketua umum ibu Dra.Hj.Nurhayati Hamid Rizal, selanjutnya akan menyusun kepengurusan.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Pengendalian Bahaya Kebakaran di Kabupaten Natuna
Hari Kamis 13 desember 2018, pkl 09.30 ruang rapat banggar DPRD kab.natuna, kadis damkar didampingi oleh Kasi Kedaruratan, logistik, rehabilitasi dan rekonstruksi menghadiri undangan penyampaian usulan rancangan peraturan daerah tentang penanggulangan bencana dan tentang pengendalian bahaya kebakaran di kabupaten natuna, dalam rapat tersebut dibahas oleh anggota DPRD pada tahun 2019.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mesin PT.Bima Golden Powerindo,terbakar.

Pada Hari Rabu, 9 Januari 2019, sekira pukul 18.15 WIB, di areal PLN Ranai Jl. Datuk Kaya Moh.Benteng-Ranai mesin milik PT. Bima Golden Powerindo (BGP) berkapasitas 500 Kw yang disewakan oleh PLN Ranai mengalami kebakaran hebat. Seorang saksi mata menuturkan,bahwa kebakaran berawal dari suara ledakan keras di gudang mesin tersebut. Saksi langsung melakukan pengecekan,. melihat percikan api dan asap hitam pada mesin tersebut. Dalam waktu singkat api langsung membesar dan sulit dikendalikan. Selanjutnya petugas PLN Ranai menghubungi  Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Natuna .

 

 

 

 

 

 

Pada pukul 18.20 Damkar Kab Natuna menurunkan 2 unit armada yang dimiliki ke lokasi kejadian. Petugas Damkar sedikit mengalami kesulitan dalam menguasai sijago merah,karna objek yang terbakar adalah minyak. Melalui koordinasi ditingkat pimpinan,tidak berselang lama 2 unit mobil pemdam kebakaran TNI AL tiba dilokasi kejadian dan  disusul oleh 1 unit mobil pemadam kebakaran milik TNI AU,1 unit mobil tangki air milik Batalyon Komposit dan 1 unit mobil tangki milik PDAM Ranai. Setelah hampir 1 jam petugas bahu membahu berjibaku, api  masih belum berhasil dijinakan. Utk menjaga kemungkinan terburuk api menjalar ke mesin yg lain maka diperlukn  tambahan 1 unit mobil pemadam kebakaran milik Bandara Ranai yang  langsung bergabung melakukan penyemprotan cairan khusus (busa). Dalam waktu tidak terlalu lama, sekira pukul 20.45 api sudah dapat dikuasai, dan dilanjutkan dengan proses pendinginan sampai api betul-betul padam. Pada kesempatan ini,Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna Syawal, SE mengucapkn terima kasih pada pihak-pihak yang sudah membantu. Syawal, SE juga menyebutkan dengan kehadiran Bapak Bupati, Bu Wakil Bupati,dan Bpk Sekda serta pejabat-pejabat lain dilokasi kejadian dapat menambah motivasi dan semangat anggota yang bertugas. Syawal SE juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada pihak Polres Natuna dan Satpol PP Kab Natuna yang sudah bersusah payah mengamankan lokasi kejadian, sehingga memudahkan petugas yang sedang bekerja…..demikian.

 

 

Hadapi Gelombang Tinggi, Bidang Penanggulangan Disdamkar Kab. Natuna Tingkatkan Kewaspadaan. Minggu 03 Februari 2019. Bidang Penanggulangan Bencana seperti biasa setiap hari minggu dari pukul 14:30 sampai dengan 17:45 WIB, melaksanakan operasi piket jaga, Tim Tangguh mendapat tugas piket jaga dan didampingi oleh Danprov Agus Sujono, Danton Kaharudin, ST. Danru Iskandar, Anggota Adm Yuni Narvita, SE. dari Tim Tangguh terdiri dari Ketua Tim Batman, Anggota Fiter dan Hairil. Dalam melaksanakan Piket Jaga di Pantai Tanjung seluruh Tim selalu memantau aktivitas masyarakat yang sedang berwisata setiap 15 menit, dengan harapan bisa memberikan ketenangan dan pengunjung tidak khawatir apabila anaknya mandi dan bermain di pantai. Dari pantauan Tim Piket Jaga situasi Pantai Tanjung kondusif. (el)

 

DIKLAT DASAR PEMADAM KEBAKARAN  TK I (SATU)  DINAS PEMADAM KABUPATEN NATUNA

Untuk memenuhi standart kualifikasi aparatur damkar dalam bertugas,maka Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna mengirimkn 12 org personilnya untuk megikuti Diklat Dasar Pemadam Kebakaran Tk 1 Pola 45 JP. Diklat tersebut dilaksanakan selama 5 hari mulai tgl 18-22 Febuari 2019 di Pusdiklat Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Dki Jkt-Ciracas. Kepala dinas pemadam.kebakaran kabupaten natuna melaui Hamid Hasnan selaku Kasubbag Umum di Kepegawain yang kebetulan ikut sebagai peserta pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa diklat dasar ini merupakan pembentukan awal performen,sikap,mental dan disiplin aparatur Damkar,.Dengan motto Pantang Pulang  Sebelum Api Padam,Walaupun Nyawa Taruhanya,…ini berarti dalam melaksanakan tugas aparatur damkar dihadapkan pada resiko kerja yang cukup tinggi. Untuk itu maka untuk mengurangi resiko kerja maka aparatur damkar wajib melatih diri sesuai dengan tuntutan kerja,…Diklat dasar ini merupakan persyaratan untuk mengikuti diklat 2 selanjutnya,seperti Diklat Inspektur Kebakaran,Investigator,Rescue,Pengemudi,Medis dll,.demikian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Natuna

Pemerintah Natuna mengadakan pertemuan rapat lintas sektoral untuk membahas penangulangan lahan terbakar setelah menjadi sorotan Pemerintah Pusat dengan terdeteksinya 41 titik panas di Natuna.Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi bersama Dandim 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana. Mereka, membahas tentang adanya keterangan laporan BMKG Pusat tentang terdeteksi 41 titik panas di Natuna dan banyaknya lahan masyarakat terbakar.

   

Meningkatnya jumlah lahan terbakar saat musim kemarau berkepanjangan di Kabupaten Natuna, Kepri menjadi atensi besar bagi Pemerintah Daerah dan pihak FKPD. “Dengan adanya dukungan dari pihak TNI-Polri dan instansi terkait seperti Dinas Damkar, BMKG Natuna, Basarnas dan peran aktif masyarakat dalam mengawasi kebakaran diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan ini,” kata Wan Siswandi, saat membuka rapat.

 

Rapat Pendahuluan Pembahasan Raperda Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran di Kabupaten Natuna dan Raperda Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Natuna

Pada hari senin 13 Mei 2019 Kadis bersama Sekretaris, Kasi Pencegahan Kebakaran, Kasi Pengendalian Kebakaran dan Kasi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dinas Damkar menghadiri Rapat Pendahuluan pembahasan Ranperda Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran di Kabupaten Natuna dan Ranperda Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Natuna, rapat dimulai pada pukul 13.23 bertempat diruang Banggar DPRD Kab. Natuna, yang dipimpin Oleh Ketua Pansus yaitu bapak Harken, SE. Ak. didampingi Anggota DPRD Eri Marka dan anggota lainnya.

  

 Dalam rapat pembahasan pendahuluan Kadis Damkar memaparkar atas usulan dua Ranperda dari Disdamkar, rapat berjalan dengan lancar dimana ranperda yang diusulkan sudah sangat jelas menurut ketua pansus, rapat berikutnya akan dilaksanakan setelah selesai lebaran, yang akan membahas Bab perbab dan pasal perpasal.

 

Kebakaran  Rumah di Penagi

Pada Hari Rabu, 04 september 2019 Sekitar pukul 09:35 Wib telah terjadi kebakaran rumah warga di penagi kecamatan bunguran timur kabupaten natuna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Para anggota Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna dalam rangka mengikuti upacara Sertijab Danlanal pada hari rabu tanggal 9 oktober 2019 di Lapang Upacara Lanal Ranai Kabupaten Natuna.