Bupati Natuna Harapkan Personil Damkar Sikapi Tugas Dengan, Ikhlas dan Profesional

Kebakaran merupakan salah satu kejadian dengan kategori tidak terprediksi waktu, cakupan luas serta korban dan kerugian. Sedangkan tugas yang ada hanya bersifat penanganan dan pencegahan. Oleh karenanya kesiapan seluruh personil pemadam kebakaran baik secara individu maupun tim harus terus ditumbuhkan bagi menyikapi hal tersebut secara cepat efisien dan efektif.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal selaku Inspektur Upacara Pembaretan beberapa pejabat dilingkungan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Natuna, di Halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Ranai Darat, kamis (1/3) siang.

Hamid Rizal menambahkan bahwa dalam pelaksanaan tugas lapangan, selain kesiapan sumberdaya aparatur/personil operasi yang profesional, harus pula didukung sarana dan prasarana yang memadai, terlebih lagi terkait faktor keselamatan. Untuk itu, kepada pimpinan Damkar untuk segera menyusun program pembenahan, peremajaan dan pemenuhan sarana pendukung tersebut serta mengawal proses realisasi tersebut pada setiap tahapan perencanaan dan penetapan anggaran program kerja.

Ditambahkan pula bahwa untuk mewujudkan kesiapan personil penanganan kebakaran yang sigap dan responsif hanya dapat diwujudkan jika pelaksanaan pembinaan, penguasaan fasilitas dan sarana bagi diselenggarakan secara terus menerus. Karena selain dapat menumbuhkan jiwa korsa, kebersamaan, kedisiplinan akan tercipta pula kondisi tubuh yang selalu prima yang menjadi faktor penting dalam menjawab tantangan tanggungjawab kedepan.

Selain hal diatas, Hamid juga mengingatkan bahwa prosesi pembaretan ini tidak dimaknai sebagai seremonial semata, melainkan pengakuan diri dalam pengabdian untuk melaksanakan tugas pelayanan bagi masyarakat secara tulus dan profesional.(Humas_Pro/Arf)

RILIS PERS, Nomor : 595 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2018